Friday, October 12, 2012

SONGKOK IS MAMAK CAP OR PECI MAMAK

In South Asia — India, Pakistan and Bangladesh — the fez was known as the Roman Cap or Rumi Topi. It became a symbol of Islamic identity and showed the support of Indian Muslims.


Songkok is Mamak cap or Topi Mamak.


Songkok menjadi popular dikalangan India Muslim. 




Persebaran Songkok
Songkok Hitam, Identitas Bangsa Indonesia
Lambat Laun, aksi dan sepak terjang Bung Karno bersama para pemimpin PNI dalam pergerakan nasional Indonesia membuat PNI menjadi partai yang besar, sontak, popularitas songkok hitam pun kemudian ikut melambung pula. Penggunaan Songkok Hitam kemudian meluas acuannya, dari identitas partai, kemudian menjadi Identitas kebangsaan. Apalagi setelah Bung Karno terpilih menjadi Presiden Pertama Republik Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945.


Bahkan Presiden Soekarno sendiri selalu memakai Songkok hitam sebagai salah satu pakaian kebesarannya, baik dalam acara kunjungan ke luar negeri ataupun kegiatan pemerintahan di dalam negeri, Presiden Soekarno selalu memakai Songkok Hitam, tak heran jika kemudian Songkok Hitam menjadi ciri khas seorang Seokarno (selain tongkat komandonya yang namanya sudah sangat termasyur itu).
Soekarno dengan Songkok Hitam
Dalam setiap kunjunganya ke luar Negeri, Bung Karno selalu memakai Songkok Hitam
Songkok Hitam Pasca Orde Lama



Songkok
beberapa Anggota Kabinet Indonesia bersatu II berpose santai dengan Songkok Hitam




FAIZAL HJ. ZAINAL said...
songkok dtg ke alam melayu dari minangkabau...,sebab tulah tauke2 pembuat songkok adalah orang2 minang baik di m'sia atau pun di indonesia..songkok masuk ke semenanjung m'sia sekitar 1920an sebelum tu melayu pakai tanjak,semutar dll...


FAIZAL HJ. ZAINAL said...
songkok di alam melayu berasal dari minangkabau dan masuk ke semenanjung sekitar 1920an..sebelum tu melayu cuma pakai tanjak,semutar,destar dll...sbb tu lah kebanyakan pembuat songkok baik m'sia atau di indon dari keturunan minang sejak dulu sampai sekarang..tokoh agama dari minangkabau yg mempopularkan pemakaian songkok ini...buya hamka