Thursday, October 28, 2010

durian yang bermulti-fungsi

durian dengan berbagai fungsi

25.10.2010 | Author: tsuuicide | Article Posted in Nutrisi


Buah durian yang terkenal dengan baunya yang menyengat ini, ternyata memiliki banyak fungsi.

Beberapa bagian dari durian bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional. Akarnya dimanfaatkan sebagai obat demam, sementara daunnya dapat dicampur dengan jerangau (Acorus Calamus) untuk menyembuhkan cantengan, yaitu infeksi pada kuku. Kulit buahnya bisa mengobati ruam pada kulit (sakit kurap) dan juga masalah gangguan buang air besar (sembelit). Tidak hanya itu, kulit buahnya juga biasa dibakar dan abunya digunakan untuk melancarkan haid.

Abu dan air rendaman abu dari kulit buahnya bisa digunakan untuk campuran pewarna tradisional. Beberapa masyarakat di Jawa menggunakan kulitnya sebagai pengusir tikus, dengan meletakkannya di sudut ruangan.

Tidak hanya itu, nutrisi durian dapat merangsang sistem regenerasi kulit.

Menurut Donna P. Killian, enior Director Global Education Murad, nutrisi durian dapat membantu keseimbangan kulit saat kering maupun lembab akibat faktor cuaca. Selain itu, nutrisi durian mengandung anti inflamasi dan antioksidan. “Dan ketika kulit diberi lingkungan yang baik maka sel kulit dapat beregenerasi dengan baik sehingga mengurangi timbulnya garis-garis halus.” Ujarnya.

http://artikelindonesia.com/buah-durian-dengan-berbagai-fungsi.html