Wednesday, June 1, 2011

RUKUNEGARA CIPLAT PANCASILA???

Hari ini kita merayakan hari lahirnya Pancasila. Apakah Pancasila masih dijalankan oleh Pemerintah dihidupi oleh masyarakat dan secara khusus umat kita? Baca opini kompas hari ini sangat bagus. Pagi tadi seorang siswa SMA Taruna di Jakarta ditanya apa bunyi sila ketiga Pancasila? Dijawab Persatuan seluruh rakyat Indonesia. Keliru meskipun hampir benar.


Mungkin juga perlu ditanyakan karyawan KWI apakah hafal Pancasila? Jika tidak maka Pancasila belum menjadi falsafah hidup serta pandangan hidup berbangsa dan bernegara saat ini. Dulu ketika saya masih SMA tahun 1977-1980 setiap hari Senin dalam pekan pertama setiap bulan selalu ada upacara bendera dan dibacakan teks Pancasila. Saat ini rasanya sudah berkurang, bagaimana dengan Sekolah Katolik termasuk Seminari? Nota Pastoral Pendidikan 2008 sangat jelas mencantumkan Inti dan kekhasan Pendidikan Katolik adalah setia terhadap pencerdasam kehidupan bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 (NoPas, hal 31).


Jika kita hendak tetap concern pada Negara RI dengan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara, maka sudah saatnya mulai dari dalam keluarga, komunitas, kantor, sekolah, kita tanamkan dan hayati nilai-nilai Pancasila bukan hanya dihafal tetapi dipraktekkan dalam hidup sebagai way of life.

salam hangat
Kusumawanta pr